Senin, 21 Agustus 2017

ENAMEL KUBAH

KUBAH

KUBAH, merupakan salh satu ciri kas dari masjid yang ada di Indonesia,  Kubah masjid yang kebayakan di pakai atau di gunakan di Indonesia adalah kubah cor, atau kubah manual. dan Kubah grc pra cetak. dari kedua kubah ini ada kekurangan dan kelebihannya. Kubah cor manual, kelebihanya tahan lama, karena di buat dengan cor arau dak, campran semen, pasir dan batu spite. kubah jenis ini pun ada pembesian di dalamnya. atau kubah jenjis ini sama dengan bikin dak cor, namun di bikin setengah lingkaran.
Kekurangan dari kubah cor ini antara lain, designya sangan sedrehana, bentuknya atau permukaanya sangat sulit bulat rata, atau istilahnnya ada bagian2 yang menyok ( nglembung atau ada yg menyok kedalam.

Sedangkan unjtuk Kubah GRC kelehannya Rapi, motif beragam sesuai selera pemesan. , Salah satru kendala atau kekurangannya pada perawatan. Biasanya tiap 3 s/d 5 tahun pada joint sealent ( sambungan ) sudah mulai retak yang mengakibatkan kebocoran.

Nah, untuk mengatasi kekurangan dari jenis kubah tersebut, kini telah hadis pembuatan kubah berbahab plat baja law carbbon atau sering di sebut ENAMEL
 Kubah masjid dengan bahan enamel adalah kubah yang terbuat dari plat baja low carbon yang dicetak seperti panel panel dan dilapisi dengan porselin enamel / enamel coating. Enamel coating yaitu lapisan pelindung keramik atau kaca yang biasanya diaplikasikan pada bahan logam. Tujuan penggunaan enamel coating adalah untuk memberikan perlindungan pada dasar permukaan logam, agar terhindar dari karat yang dapat menyebabkan kerusakan pada panel tersebut. Selain untuk menjaga bahan dari karatan, tujuan lain dari coating enamel yaitu memperindah tampilan karakteristik struktur logam, agar produk yang dihasilkan tampak lebih indah dan menawan. Hal hal semacam ini biasanya diguanakan dalam produk produk tertentu seperti: alat memasak, alat rumah tangga, perlengkapan kamar mandi, pemanas air, dan alat laboratorium ilmiah.
 Ciri khas utama dari kubah enamel yaitu tahan terhadap korosi, sehingga sangat cocok dengan daerah pesisir pantai. Dan enamel coating merupakan cara yang paling hemat dan ekonomis untuk melindungi setiap produk yang terbuat dari bahan dasar logam dengan hasil yang sangat halus, mengkilap, dan tersedia dalam berbagai macam warna pilihan. Warna warna tersebut tidak akan mudah memudar dari sinar matahari. Coating enamel sangat tahan terhadap panas, hal ini dikarenakan dalam proses produksinya memerlukan suhu panas sekitar 800 derajat celcius. Panas tersebut amat sangat tidak memungkinkan, jika diaplikasikan pada kubah masjid dengan bahan dasar galvalum. Jadi untuk membuktikannya, yaitu dengan cara dibakar langsung diatas kompor. Apabila warna hitam (gosong) bekas dari pembakaran tersebut tidak bisa dibersihkan dengan kain, maka bahan tersebut merupakan bahan galvalum. Karena bahan galvalum hanya mampu menggunakan pengecatan dengan sistem powder coating atau sistem Airbrush. Sehingga ketahanan dari warna yang dihasilkan, hanya bertahan sekitar kurang lebih 5 tahun. Sedangkan warna dari coating enamel mendapatkan garansi resmi dari perusahaan ternama di Indonesia sekitar 15 tahun.
Demikian sekilas tentang apa itu ENAMEL. dengan kelebihannya.

Untuk Informasi lebih lanjut bisa menghubungi
KONTRAKTOR SPESIALIS ENAMEL
Hp. 081 2878 6367
WA.  081807008671
EMAIL : enamelkubah@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar